Untitled Document

380 MAHASISWA BARU STIP-AP IKUTI PEKAN ORIENTASI STUDI KAMPUS DAN PERKEBUNAN


Medan, - Sekitar 380 calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) mengikuti program Pekan Orientasi Studi Kampus dan Perkebunan (POSBUN) yang diadakan di kampus STIP-AP, Jalan Willem Iskandar Medan.

Kegiatan POSBUN calon mahasiswa STIP-AP dilaksanakan selama 7 hari yaitu mulai tanggal 11– 16 September 2017. Pada kegiatan POSBUN tahun ini calon mahasiswa STIP-AP di latih dan di didik oleh Personil Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumatera Utara serta dibimbing juga dari senior mahasiswa STIP-AP dengan tujuan untuk membentuk mahasiswa yang berpendidikan dan ber moral serta memiliki mental dan karakter yang baik.

Berbagai kegiatan dan acara diselenggarakan pada acara POSBUN tersebut, diantaranya di mulai dengan apel pagi di ikuti oleh seluruh Calon Mahasiswa serta Civitas Akademika STIP-AP yang dilakukan setiap hari pada pukul 06.00 Wib. Dalam kegiatan POSBUN tahun ini, Calon Mahasiswa STIP-AP juga banyak mendapatkan Pembelajaran ilmu dan wawasan dari berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber yang diundang kampus STIP-AP diantarnya mengenai “Pendidikan dan Pemahaman Anti Korupsi Pada Mahasiswa Baru” yang dibawakan oleh Bapak Kompol. Darwin Hutagaol, S.H., M.H dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali Polda Sumut, selanjutnya “Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Mahasiswa Baru” yang dibawakan oleh narasumber Kepala Badan Narkotika (BNN) Sumatera Utara, kemudian juga diadakan Kuliah Umum “Wawasan Kebangsaan” yang disampaikan oleh Bapak Letkol Inf. Alam, S.Ip/ Waasterdam I/BB serta Bapak Letkol Inf. Drs. Fahmi , M.M/ Pabandya Sterdam I/BB serta Materi “Motivasi” yang disampaikan oleh Ibu Dr. Femmy Dalimunthe dari Medan Tourism Academy.

Acara POSBUN itu cukup menarik bagi calon mahasiswa STIP-AP, mereka cukup antusias untuk mengikuti acara POSBUN yang diadakan Kampus STIP-AP tersebut, mulai awal acara hingga akhir acara di selenggarakan, menurut salah satu calon mahasiswa yang diwawancari, Riki Maulana, acara POSBUN ini sangat menarik baginya karena selain bisa mengenal lebih dekat lingkungan kampus sebelum nantinya menuntut ilmu di akademik, mereka juga diajarkan membangun sikap, karakter dan mental disiplin yang tangguh, kemudian diajarkan berbagai kreativitas diantaranya Marching Band, Baris Berbaris, Senam Tongkat, Senam Balok, Lari Halang Rintang, Tarian, Bela Diri serta Mahasiswa juga langsung dikenalkan kepada budaya kebun yaitu dengan melakukan lintas kebun yang dilakukan di Kampus II STIP-AP Galang.ujarnya.

Ketua STIP-AP Bapak Wagino, S.P., M.P, mengatakan bahwa acara POSBUN Tahun Ajaran 2017/2018 sangat penting yang diadakan selama satu minggu lamanya sangat penting untuk diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru STIP-AP, di karenakan agar mahasiswa  lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus tempat mereka menuntut ilmu selama 4 tahun kedepannya, selain itu melalui acara POSBUN ini, sejak awal calon mahasiswa baru STIP-AP harus di bentuk karakter yang tangguh dan bermental nasionalis karena mahasiswa STIP-AP nantinya adalah calon generasi pemimpin bangsa, ujarnya.

Para calon mahasiswa baru STIP-AP yang mengikuti POSBUN adalah mahasiswa yang lulus melalui Gelombang I, II dan III yang digelar Panitia PMB STIP-AP dalam beberapa tahap yang dilakukan selama beberapa bulan lalu.

Panitia POSBUN STIP-AP mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru yang sudah mengikuti kegiatan POSBUN, Semoga kedepan bisa sukses dalam menuntut ilmu dan tercapai segala cita citanya. Amin (*fdl)