Untitled Document

Civitas Akademik STIP-AP Gelar Lokakarya Dosen Tahun Ajaran 2017/2018


Medan, Upaya peningkatan pelayanan kepada mahasiswa dan kualitas dosen terus dilakukan jajaran civitas Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan. Salah satunya dengan menggelar Lokakarya Dosen Di Gedung Sidamanik Kampus LPP, Jalan Willem Iskandar Medan, pada Selasa 12 September 2017.

Lokakarya yang diadakan selama 1 hari tersebut tidak hanya diikuti oleh Dosen Tetap STIP-AP tetapi dosen dari beberapa Perguruan Tinggi lain yang memiliki basic pertanian maupun perkebunan serta tenaga praktisi baik dari instansi pemerintah maupun swasta dari perkebunan di daerah Sumatera Utara juga ikut serta dalam acara Lokakarya Dosen tersebut.

Adapun tema yang diangkat dalam Lokakarya Dosen tahun ajaran 2017/2018 adalah “Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi Untuk Menghasilkan Lulusan yang Berkompeten” dan Dalam Lokakarya Dosen tersebut Mengundang Pemateri dari Kementrian Ristek dan Dikti (RISTEKDIKTI) yaitu bapak Iwan Harianton, B.Sc., M. Eng.

Saat dikonfirmasi, salah satu Panitia Pelaksana kegiatan Lokakarya Dosen, Bapak Giyanto, STP., M.T yang juga menjabat Wakil Ketua I Bidang Akademik Mengatakan, bahwa dosen merupakan jiwa dari perguruan tinggi, sedangkan akreditasi merupakan nyawa dari perguruan tinggi. Mutu pembelajaran di perguruan tinggi ditentukan oleh dosen, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan strategi pembelajarannya. 

Sedangkan indikator mutu perguruan tinggi ditentukan oleh lulusan yang faktor pengungkitnya adalah dosen.

“Oleh sebab itu, dosen harus bermutu yang didapat dari pengalaman hidupnya, interaksi sosial, serta jenjang pendidikan dari S1, S2,  dan S3,” jelasnya. (*Fdl)