Untitled Document

STIP-AP LAKSANAKAN WORKSHOP PENGEMBANGAN TEKNIK PERTANIAN DI SUMATERA UTARA


Dalam rangka menghadapi AFTA 2015, diperlukan suatu upayauntuk memberikan tempat bagi para tenaga profesional Indonesia agar memiliki daya saing. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dibentuknya organisasi tenaga profesional keinsinyuran yaitu Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
Badan Kejuruan Teknik  Pertanian Persatuan Insinyur Indonesia (BKTP-PII) merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Melalui BKTP-PII diharapkan menjadi tempat para profesional untuk saling bertukar informasi dan menambah wawasan keahlian khususnya dalam bidang teknologi pertanian & agrobisnis pertanian, sehingga cepat tanggap dan mampu mengkritisi dinamika kehidupan seputar perkembangan dan kondisi teknologi pertanian yang tengah terjadi saat ini guna mencapai kesejahteraan hidup dan pembangunan yang berkesinambungan.
Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan.
(STIP-AP) dalam kesempatan ini mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Teknik Pertanian yang merupakan salah satu bentuk program dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran para tenaga profesional dalam upaya penerapan pentingnya memiliki daya saing khususnya dibidang teknologi pertanian serta bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan para dosen dan tenaga profesional khususnya dalam mengembangkan teknik pertanian dan penyusunan Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) sertifikasi insinyur.

Kegiatan Workshop Pengembangan Teknik Pertanian& Penyusunan FAIP Sertifikasi Insinyur diadakan pada hari Kamis& Jumat, 20 -  21 oktober 2016 di RuangArsoKampus LPP kampus Medan, Jalan Willem Iskandar dandiikutiolehpara Dekan dan Dosen dari 30 Perguruan Tinggi yang ada di Wilayah Sumatera Utara dan Aceh.Kegiatan Workshop Pengembangan Teknik Pertanian dibuka langsung oleh Ketua STIP-AP yang juga sebagai Ketua BKTP-PII Wilayah Sumatera UtaraBapak Ir. Wagino., SP.,MP. Ketua STIP-AP didampingi oleh Bapak Ir. Giyanto, STP., MT selaku wakil ketua I Bidang Akademik.Dalam kesempatan ini STIPAP juga mengundang Ketua Kopertis Wilayah I Bapak Prof. Drs. Dian Armanto, M.Pd., MA., M.Sc., PhD.

Pada acara hari pertama, tanggal 20 Oktober 2016 Workshop Pengembangan Teknik Pertanian, STIPAP mengundang narasumberdiantaranya, Bapak Dr. Ir. M. Sabri, MT., IPM selaku Ketua Umum BKM PII Wilayah Sumatera Utara, yang pada kesempatan ini menyampaikan materi tentang Sosialisasi UU No. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran., dan Bapak Aries Sukariawan, SP.,MP yang menyampaikan materi tentang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) / Standarisasi Kompetensi Berdasarkan SKKNI.,

Pada hari kedua Penyusunan FAIP Sertifikasi Insinyur, yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir Bambang Setiadi, M.Sc., IPU selaku Ketua BKTP P-II Pusat tentang Sosialisasi BKTP dan Workshop Pengembangan Teknik Pertanian di Wilayah Sumatera Utara & Aceh, dan Bapak Ir. Rudy Purwondho, MSc., MBA., IPM selaku Ketua Komite Pembinaan Kewajiban Keinsinyuran menyampaikan materi Penyusunan FAIP Sertifikasi Insinyur.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan Workshop Pengembangan Teknik Pertanian adalah memberikan pemahaman, meningkatkan kesadaran dan partipasi seluruhtenaga profesional (dosen, konsultan, alumni, karyawan) tentang pentingnya profesi keinsinyuran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia agar tangguh, handal dan dapat dipercaya (berdaya saing) serta membentuk dan menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dibidangnya dalam menyongsong perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, serta ikut bertanggung jawab untuk mengambil peran strategis yang menentukan arah pembangunan nasional melalui peningkatan kemampuan profesional insinyur dalam memadukan ilmu pengetahuan dan teknologi, kesantunan dan ketaatan etika serta etos kerja dalam melaksanakan kewajiban pekerjaan keinsinyuran untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.Sumber: (*fdl)