Untitled Document

STIP-AP Luncurkan PUSAT KARIR PERKEBUNAN


STIP-AP Luncurkan PUSAT KARIR PERKEBUNAN

Dalam menjalankan operasional di perusahaan perkebunan manajemen selalu dihadapkan dengan berbagai macam tantangan/masalah yang  sangat kompleks. Hal ini bukanlah sesuatu hal yang baru seperti masalah produktivitas, kualitas, kebutuhan pasar dunia, efisiensi, dan efektivitas yang melibatkan berbagai bidang di dalam perusahaan. Berbagai penyebab timbulnya masalah yang harus segera diatasi oleh pihak manajemen dan menjadi keharusan pula untuk menentukan berbagai perioritas pemecahannya. Salah satu penyebab masalah yang ada adalah kurangnya Sumberdaya Manusia (SDM) yang kompeten dalam menangani operasional di dalam perusahaan perkebunan. Untuk menghadapi tantangan dan berbagai perubahan yang dihadapi sangat dibutuhkan SDM yang kompeten dan professional di bidang perkebunan. Untuk mendapatkan SDM yang terampil di bidang perkebunan tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Perusahaan perkebunan setiap tahunnya membutuhkan SDM Perkebunan 5000 hingga 6000 tenaga kerja berbagai posisi mulai dari Manajerial Tingkat Pertama, akan tetapi hal ini belum dapat terpenuhi oleh dunia pendidikan sehingga terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dunia kerja dengan dunia pendidikan, demikian tutur Wakil Ketua STIP-AP Bidang SDM, Keuangan, dan Umum Fachrizal, SE.

Menurut Giyanto, STP., M.T. selaku Wakil Ketua Bidang Akademik, SDM yang mumpuni sangat diperlukan oleh perusahaan perkebunan. Banyak perusahaan perkebunan Kelapa Sawit yang sulit menemukan tenaga kerja trampil yang memiliki kualifikasi khusus di bidang perkelapasawitan. Tenaga kerja trampil di Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia sangat dibutuhkan sejalan dengan target produksi CPO Indonesia dan persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) merupakan salah satu perguruan tinggi Vokasi Diploma IV di Indonesia yang mempersiapkan calon-calon Manajer Perkebunan Kelapa Sawit dan Karet. STIP-AP menyediakan SDM yang handal baik dalam skill maupun manajerial, artinya STIP-AP mempersiapkan alumninya dengan membekali kompetensi kerja dan sikap kerja yang sesuai dengan karakteristik dan budaya perkebunan.

Untuk mendukung perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, STIP-AP bertanggung jawab menyediakan dan mengembangkan Sumberdaya Manusia (SDM) perkebunan yang handal dan bukan sekedar sarjana biasa. Alumni STIP-AP merupakan SDM yang sengaja ditempa untuk menjadi tenaga kerja yang professional yang nantinya akan berkiprah di dunia industri perkebunan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan, ujar Ketua STIP-AP Ir. Wagino, M.P.

Untuk memberikan pelayanan dengan mudah kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia khusus dalam mendapatkan SDM yang professional dan handal diberbagai bidang pada level manajerial tingkat pertama, 

STIP-AP telah menghadirkan unit kerja Pusat Karir Perkebunan STIP-AP. Pusat Karir Perkebunan ini diperankan sebagai jembatan bagi perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan SDM di perusahaan.

Dengan lahirnya Pusat Karir Perkebunan STIP-AP ini diharapkan STIP-AP akan dapat lebih baik lagi dalam meningkatkan perannya yang tidak terbatas pada penyediaan SDM saja, akan tetapi STIP-AP juga diharapkan mampu membantu perusahaan perkebunan dalam mengatasi berbagai persoalan baik manajerial maupun teknis yang sedang dihadapi oleh perusahaan perkebunan. Dengan demikian STIP-AP diharapkan mampu membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan-perusahaan perkebunan khususnya di Indonesia.

Pusat Karir Perkebunan STP-AP menyediakan bentuk pelayanan seperti : Rekrutmen/ Assessment, penempatan kerja, pemagangan, pelatihan, dan jasa konsultansi, demikian ujar Purjianto, SE., MM selaku Wakil Ketua STIP-AP Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan  Kerjasama. Selanjutnya beliau menambahkan, kedepan perusahaan perkebunan tidak lagi kesulitan untuk mencari SDM yang dibutuhkan di bidang perkebunan. Perusahaan perkebunan cukup datang atau menghubungi Pusat Karir Perkebunan STIP-AP, maka STIP-AP siap untuk melayani dan memfasilitasi perusahaan dalam proses mendapatkan SDM Perkebunan. Sampai saat ini sudah terdaftar ± 100  perusahaan perkebunan baik Perusahaan Perkebunan Negara maupun Perkebunan Besar Swasta Nasional sebagai mitra STIP-AP, bahkan hampir setiap minggu melakukan proses rekrutmen. Pusat Karir Perkebunan STIP-AP memberikan pelayanan terpadu untuk seluruh mitra dan perusahaan perkebunan di Indonesia. (zhe/frl)