Untitled Document

Kuliah Umum Prodi BDP


STIPAP adalah Sekolah vokasi perkebunan yang mencetak sarjana saint terapan yang siap didalam dunia kerja khususnya di perkebunan. STIPAP juga ikut berperan aktif dalam mencerdaskan anak bangsa, agar mampu bersaing didalam dunia kerja khususnya di bidang perkebunan.

Memiliki kemampuan Soft competency dan Hard competency sangat dibutuhkan dan bermanfaat sehingga sebagai sarana membangun SDM yang handal. Kompetensi sendiri dapat dipahami sebagai sebuah kombinasi antara keterampilan (Skill), Pengetahuan (Knowledge) yang dapat tercermin dalam prilaku kerja (Job behavior) yang dapat diukur, diamati, dan dievaluasi. Dengan demikian kompetensi tidak dapat kita hubungkan langsung dengan kemampuan intelektual (IQ)

Kompetensi tersebut tidak hanya didapati dalam belajar dikelas saja. Kompetensi tersebut dapat diperoleh dari berorganisasi, mengikuti seminar, pelatihan, dan salah satunya kuliah umum.

STIPAP khususnya Program Studi Budidaya Perkebunan (BDP) melaksanakan kuliah umum bertujuan untuk meningkatkan  Soft competency dan Hard competency. Kuliah umum yang dilaksanakan Prodi BDP mendatangkan Narasumber dari Praktisi dan Akademisi yang berpengalaman yang memiliki banyak tips dan trik untuk sukses. Adapun topik pembahasan dan Narasumber Kuliah Umum sebagai berikut :

No

Narasumber

Topik

Tanggal

Semester

1

Aswan Jaya, SH., M.Kom

Komunikasi Yang Efektif Dalam Dunia Kerja

12 Mei 2016

VI

2

Drs. Usman Pratama

Meningkatkan Produktifitas Karyawan dan Mencegah “Turn Over”

13 Mei 2016

VIII

3

Ir. Zulkarnaen, MM

Optimalisasi Produktivitas Tanaman Kelapa Sawit dan Karet

14 Mei 2016

VI

4

Ir. Ervin

Kunci Sukses Membangun Kebun Yang Baik

14 Mei 2016

IV

5

Panji Bharata, ST., MM

Mekanisme Penanganan CPO dan Pengirimannya

21 Mei 2016

VI

6

DR. J. Marbun, SH., M.Hum

Dinamika Perijinan Lahan Untuk Perkebunan

21 Mei 2016

VIII

7

Ir. H. Sopan Sinuhaji

Peran Kebun Dalam Menghasilkan Mutu Cpo Yang Berkualitas

23 Mei 2016

VI

8

Sahat Tigor Panjaitan, SE., M.Si.Ak

Administrasi dan Organisasi Afdeling

28 Mei 2016

VI

9

DR. Mariani Sembiring, SP., MP

Peran Mikroba Pada Lahan Perkebunan

28 Mei 2016

II

 

Kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sehingga menambah wawasan awal sebagai persiapan memasuki dunia kerja diperkebunan. STIPAP sangat mendukung program kuliah umum untuk menambah wawasan mahasiswa untuk menjadi modal seorang mahasiswa aktif sehingga ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan dapat berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang pada umumnya dan diri sendiri khususnya. (AJN)