Untitled Document

STIP-AP Laksanakan Ujian PMB Menggunakan Sistem Online Dengan Advanced Remote Proctoring


STIP-AP Medan,Menghindari penyebaran virus corona (COVID-19), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) telah melakukan terobosan baru dalam Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2020/2021, yaitu menggelar Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang 1 secara online.

Ketua STIP-AP, Bapak Aries Sukariawan, S.P., M.P mengatakan, “walau saat ini kita sudah memasuki kondisi New Normal, namun dengan melihat kondisi dan situasi saat ini (wabah Corona dan status darurat bencana) perlu adanya langkah cepat dapat memberikan pelayanan bagi calon mahasiswa baru STIP-AP, agar tidak terkendala dengan memperhatikan imbauan pemerintah untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, maka dari itu salah satunya dengan mengadakan ujian masuk secara online."

Sistem yang digunakan dalam pengawasan ujian PMB online STIP-AP adalah dengan menggunakan OnlineRemote Proctoring, dimana STIP-AP menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang menggunakan sistem tersebutdalam pelaksanaan dan pengawasan ujian penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 secara online. “Ini merupakan yang perdana di Indonesia dan STIP-AP berkesempatan menjadi Perguruan Tinggi Pertama yang mengadakan ujian virtual dengan menggunakan alat pengawasan online Proctoring ini. Sistem proctoring pengawasan ujian online ini juga dapat merekam wajah seperti upaya tangkapan layar (capture screen), membuka tab baru untuk mencari jawaban, kehadiran orang lain, dan suara yang mencurigakan sehingga terekam data di sistem administasi online serta mempertahankan validitas dan reliabilitas hasil tes selayaknya ujian paper-pecil.

Dalam tes online ini STIP-AP memberikan materi yang sifatnya kognitif berupa tes Bahasa Inggris dan Matematika serta pelaksanaan Tes Psikologi kemudian materi tes Fisik serta tes MCU (Medical Check up kemungkinan akan dilaksanakan setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus dalam tes yang bersifat kognitif. Ketua STIP-AP mengapresiasi upaya yang dilakukan panitia PMB STIP-AP tahun akademik 2020/2021atas terobosannya menerapkan sistem ujian calon mahasiswa baru menggunakan sistem online. Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk tetap bekerja dalam kondisi saat ini. Ketua STIP-AP berharap, berbagai pihak yang berkepentingan dapat memaklumi jika nanti pada pelaksanaanya masih terdapat kekurangan baik dari segi pengawasan maupun fasilitas.

“Saya harap jika pada pelaksanaanya masih terdapat kekurangan bisa dimaklumi karena alasan diberlakukan sistem online ini akibat adanya musibah dan ini juga baru pertama kali diuji coba. Bukan hanya STIP-AP, berbagai perguruan tinggi lain juga memberlakukan seleksi PMB secara online. Semoga wabah ini segela berakhir sehingga pelaksanaan ujian PMB gelombang dua dan tiga bisa berjalan seperti biasa,” katanya. *fadhil