Untitled Document

STIP-AP Berpartisipasi dalam Penanggulangan Covid-19 melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat


STIP-AP Medan, STIP-AP adalah perguruan tinggi swasta yang fokus pada perkebunan kelapa sawit dan karet. Tentunya proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus berjalan meskipun ditengah pandemi Covid-19. Manajemen STIP-AP konsisten dalam menghadapi masa pandemi, hal ini dibuktikan dengan perkuliahan, ujian, seminar proposal/hasil sebagai bagian dari proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Selain itu, aktivitas yang dilakukan di kampus juga menjalankan protokol penanggulagan Covid-19 dengan tetap memakai masker dan menyediakan hand sanitizeryang terlihat dibeberapa titik di kampus yang terletak di Jalan Williem Iskandar (Pancing) Medan.

Sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap penanggulangan Covid-19, mahasiswa dan Dosen bersinergi melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dibeberapa tempat mulai dari Kota Medan, Kisaran, Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Simalungun, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Langkat dan Bagan Batu.

Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Sakiah, SP., MP menuturkanPengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang telah dilaksanakan antara lain edukasi bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19 serta penyemprotan disinfektan di pekarangan rumah warga, pembagian maskerdan handsanitizerDesa Bingkat, Kecamatan Pegajahan; penyerahan bantuan alat pencuci tangan, sabun dan hand sanitizerdi Desa Sengon Sari, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan; pembagian masker di Desa Tembung, Pasar MMTC Medan dan beberapa kegiatan serupa di tempat lain.

Guruh Damanik salah seorang mahasiswa Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan menyatakan merasa senang dirinya serta rekan-rekan mahasiswa STIP-AP diterima masyarakat dalam kegiatan PkM ini. “Berbagi pengetahuan dan berpartisipasi dalam penanggulangan Covid-19 pada masyarakat yang membutuhkan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dan rekan-rekan” tukasnya. Pada kesempatan lain, Sahdida Muktadin mahasiswa Program Studi Budidaya Perkebunan mengatakan, “Kehadiran kami disambut baik perangkat desa dan masyarakat saat melakukan penyuluhan dan penyerahan alat pencuci tangan. Masyarakat menyadari pentingnya menjaga kebersihan guna mendukung pola hidup sehat” tegasnya.

Dalam waktu yang bersamaan, kegiatan PkM yang mengusung tema edukasi bagi petani kelapa sawit dan karet juga dilakukan yang betujuan untuk mengedukasi petani dalam mengelola kebunnya berdasarkan best management practices, meng-counter black campaign kelapa sawit dan meningkatkan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan pekarangan. Luaran dari kegiatan ini berupa Video yang akan diupload dalam akun resmi STIP-AP dan YouTube. Demikian penjelasan Kabag PPM yang akrab disapa dengan Bu Kiah.

Selaku Pimpinan STIP-AP, Aries Sukariawan, SP., MP menyampaikan akan dilakukan beberapa kegiatan PkM berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta diantaranya USU, UISU, Universitas Panca Budi, Universitas Harapan dan Univa agar terwujud integrasi yang utuh dalam membantu masyarakat menyelesaikan masalah.