Untitled Document

UKM STIP-AP BAGIKAN MASKER DAN HAND SANITIZER GRATIS KEPADA MASYARAKAT UMUM


STIP-AP Medan, Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STIP-AP Medan membagi-bagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat, Jumat, 17 April 2020. Pemberian masker dan hand sanitizer secara gratis ini dilakukan dalam rangka aksi peduli terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 yang tengah mewabah serta mengurangi kepanikan warga masyarakat di kota Medan khususnya ditengah kelangkaan masker menyusul virus Covid-19 atau Corona.

Koordinator Kegiatan aksi peduli mahasiswa M. Bobby Ramadhana mengatakan aksi ini merupakan wujud kegiatan dari gabungan UKM STIP-AP Berbakti Untuk Negeri. Di tengah wabah virus Covid-19 atau Corona, masyarakat membutuhkan masker dan hand sanitizer guna mencegah penyebaran virus tersebut. Karenanya pihaknya membagi-bagikan kepada masyarakat untuk meningkatkan perlindungan.

“Kami dari berbagai Aliansi UKM mahasiswa STIP-AP yang siap membantu membagikan puluhan hand sanitizer dan masker,” kata M. Bobby Ramadhana di Persimpangan jalan Willem Iskandar.

Ia menyebutkan Aliansi Unit Kegiatan Mahasiswa STIP-AP turun ke jalan membagi-bagikan masker dan hand sanitizer di tempat umum. Pembagian masker dilakukan disejumlah titik dikeramain lalu lintas salah satunya simpang empat jalan mandala bypass & jalan willem iskandar Medan. Di titik tersebut memang masih banyak warga yang tidak menggunakan pelindung wajah atau masker di tempat umum terlebih para pedagang kaki lima dan para pembersih di lingkungan jalan, ujarnya. Ia berharap bantuan pengadaan masker dan hand sanitizer kedepannya berhasil dikumpulkan lagi. Sehingga nantinya bisa dilakukan kembali aksi bagi-bagi masker dan hand sanitizer gratis kepada masyarakat.

“Jika setelah acara pada hari ini kita masih dapat bantuan hand sanitier dan masker dari pemerintah sekitar, para donatur dan masyarakat umum dalam arti kata yang siap menyokong membantu masyakarakat kota medan khususnya, kegiatan ini akan berkelanjutan,” tambahnya. Aksi ini diikuti 11 Aliansi UKM mahasiswa STIP-AP dari HMJ BDP, HMJ TPHP, Rohis (Rohani Islam), PDMK (Persekutuan Doa Mahasiswa Kristen), SIGMA (Pers Mahasiswa), GEMAS (Gerakan Ekspresi Mahasiswa Seni), MENWA (Resimen Mahasiswa), Mendel Nursery, STIPAP Archery, BAPOM (Badan Pengelola Olahraga Mahasiswa), dan MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam).

Salah seorang pedagang, Bapak Doni (47) mengaku berterima kasih ada pembagian masker dan hand sanitizer gratis seperti yang dilakukan para mahasiswa STIP-AP. Sebab, saat ini kedua barang tersebut tergolong susah didapatkan.

“Sekarang masker sama hand sanitizer sudah susah dicari. Dimana-mana habis. Baguslah kalau makin banyak yang bagi-bagi gratis begini,” tuturnya. Ia mengaku tidak menggunakan masker karena saat ini kondisi tubuhnya tidak dalam keadaan sakit. Baginya masker jauh lebih dibutuhkan pada yang sakit dan membutuhkan untuk mengurangi penularan penyakitnya. Ia pun berharap pembagian masker dan handsanitizer bisa berkelanjutan untuk membantu masyarakat melindungi diri.(*fdl)