Untitled Document

Cegah Penyebaran Covid -19, STIP-AP Laksanakan UTS Genap TA. 2019/2020 Secara Online


MEDAN (STIP-AP) - Pembatasan jarak interaksi sosial (social distancing) menjadi langkah penting dalam pencegahan penyebaran COVID-19, sehingga metode belajar satuan pendidikan termasuk perguruan tinggi berganti dari tatap muka menjadi dalam jaringan (daring/online).

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan, sebagai salah satu perguruan tinggi tidak hanya menyiapkan pembelajaran daring/online, juga telah melakukan ujian tengah semester (UTS) Genap Tahun Ajaran 2019/2020 secara online pada tanggal 27 April – 02 Mei 2020, sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.

Hal tersebut juga merespon usai ditetapkannya virus Corona (COVID-19) sebagai pandemi oleh Presiden Jokowi dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sehingga kebijakan tersebut dapat meminimalisir interaksi dan mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di lingkungan STIP-AP Medan.

"UTS Genap tahun ajaran 2019/2020 online kami lakukan guna meminimalisir interaksi dengan jumlah orang banyak dan mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di lingkungan kampus," ujar Ketua STIP-AP, Aries Sukariawan, S.P., M.P, Senin (27/04/2020).

"STIP-AP sudah mengantisipasi hal ini semenjak diterbitkannya surat edaran Ketua STIP-AP 2 minggu lalu, sehingga materi soal UTS Genap tahun ajaran 2019/2020 pun sudah disiapkan oleh para dosen dan dikirim melalui website Akademik dan E-mail STIP-AP semenjak dua pekan lalu," imbuhnya.

Sementara itu, Zulham Effendi, S.T. M.Sc. Eng mengatakan, STIP-AP telah mengantisipasi kemungkinan UTS secara online sejak dua pekan lalu. Para dosen sudah diminta untuk membuat soal ujian apabila UTS terpaksa dilaksanakan secara daring/online. Sistem pengumpulan UTS Genap Tahun Ajaran 2019/2020 kali ini pun jauh berbeda dengan pengumpulan UTS sebelumnya.

"Sebenarnya UTS Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dan perkuliahan secara daring/online merupakan hal baru di STIP-AP, karena mengingat social distancing dalam pencegahan penyebaran COVID-19 maka dalam perkuliahan dan ujian untuk semester kali ini dilaksanakan secara daring/online," ujar Zulham Effendi, S.T. M.Sc. Eng selaku wakil ketua I Bidang Akademik.

Untuk memudahkan UTS Genap Tahun Ajaran 2019/2020 daring/online ini, Pihak manajemen STIP-AP sudah memfasilitasinya dengan menggunakan tes Computer Based Test (CBT), yang mana CBT tersebut dapat diakses oleh mahasiswa di https://stipap.siakadcloud.com/ melalui PC, Laptop, ataupun Smartphone, kemudian mahasiswa bisa mengunakan akun SIAkad dan akun CBT untuk login. Adapun bentuk soal yang dosen berikan dalam UTS Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dapat berupa soal pilihan ganda dengan jawaban diisi langsung di CBT, dan soal Esay dengan jawaban dokumen yang nantinya dikirim dalam bentuk file PDF dan dikirim dalam Forum kelas yang sudah disediakan.

Untuk pelaksanaan teknis UTS Daring/online, STIP-AP juga sudah menerbitkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTS yang diterbitkan dalam surat memo Nomor 01/MEMO/PANPEL/UTS/IV/2020, mahasiswa tinggal mengikuti petunjuk bagaimana mengikuti ujian UTS atau informasi terkait ujian Daring/Online mahasiswa dapat menghubungi bagian Prodi masing-masing.(*fdl)