Untitled Document

STIP-AP MELAKSANAKAN SOSIALISASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN APLIKASI TELKOMSEL CLOUDX KEPADA DOSEN


Medan, STIPAP – Untuk memberikan keringanan kepada dosen dan mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) menjalin kerjasama dengan Telkomsel dalam penggunaan aplikasi CloudX untuk pembelajaran akibat adanya pendemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua STIP-AP Aries Sukariawan, SP., MP beserta jajarannya saat menggelar Sosialisasi CloudX kepada para Bapak/Ibu Dosen STIP-AP melalui daring menggunakan Aplikasi CloudX mengenai Pembelajaran Daring terkait di tengah pandemi Covid-19 di Ruang Rapat STIP-AP, Selasa (5/5).

“Saat ini, aplikasi gratis memang banyak, tetapi menyedot kouta yang cukup besar. Oleh sebab itu, mahasiswa mengeluhkan besaran data yang tersedot akibat kuliah daring yang menggunakan aplikasi praktis, seperti zoom, skypee, dan sejenisnya. Melihat gejala itu, kami Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) bekerja sama dengan Telkomsel menginisiasi progam Rp10 dapat 30gb membuka kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengakses kegiatan video conference atau aplikasi cloudX,” kata Ketua STIP-AP.

Ketua STIP-AP menjelaskan, program ini berangkat dari pertemuan pimpinan STIP-AP dengan pihak Telkomsel beberapa pekan lalu. “Esensinya, perkuliahan daring tidak akan mengurangi kualitas pembelajaran di STIP-AP meskipun dilaksanakan dari jarak jauh,” kata Wakil Ketua I Bidang Akademik, Zulham Effendi, S.T. M.Sc. Eng.

“Dosen bisa menampilkan bahan kuliah dan instruksi perkuliahan. Fitur ini juga menyediakan program merekam proses perkuliahan bagi mahasiswa yang terlambat masuk kelas,” jelasnya.

Karena tujuannya untuk mempermudah dan menghemat pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19, program CloudX hanya digunakan untuk video conference, tidak untuk browsing atau menggunakan jejaring sosial. Paket CloudX ini juga bisa digunakan bagi pengguna Telkomsel serta provider lainnya, seperti wifi, Tree, Axis, dan lainnya.

“Kami konsisten dengan imbauan pemerintah sehingga mahasiswa kami sudah kuliah daring di rumah sejak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menginstruksikan agar pembelajaran berbasis daring di rumah. Oleh sebab itu, kami memberikan kemudahan dan keringanan bagi mahasiswa dalam mengakses video conference atau cloudx dengan biaya Rp10 dapat 30GB untuk tiga bulan kedepannya,” kata Wakil Ketua I. (fdl)