Untitled Document

Rapat Koordinasi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Mahasiswa STIP-AP Tahun Ajaran 2019/2020


Medan, STIPAP – Senin (18/5/2020) Bertempat di ruang dosen Kampus STIP-AP, panitia PkM yang terdiri dari beberapa pejabat struktural terkait dan Dosen yang ditunjuk sebagai Tim Ide Kreatif melaksanakan rapat koordinasi pelaksanaan PkM Mahasiswa STIP-AP Tahun Ajaran 2019/2020.

Dalam sambutan dan pembukaan Rapat Koordinasi oleh Ketua STIP-AP Aries Sukariawan, S.P., M.P menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan PkM Mahasiswa STIP-AP tahun ini cukup berbeda dibandingkan dengan kegiatan PkM mahasiswa ditahun-tahun sebelumnya dikarenakan semakin meluasnya wabah pademi covid-19 di Indonesia. “Nantinya kegiatan PkM di tahun ajaran 2019/2020 ini para mahasiswa STIP-AP akan diarahkan untuk membuat Video Tematis dan Alat/Bahan sesuai tema yang ditentukan”.Ujarnya

Selajutnya dalam kesempatan ini Kepala LP2M STIP-AP Sakiah, S.P., M.P menjelaskan terkait teknis kegiatan PkM Mahasiswa Tahun Ajaran 2019/2020 mengatakan "pada tahun tahun sebelumnya mahasiswa terjun langsung ke daerah-daerah sentra perkebunan kelapa sawit untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, namun untuk tahun ini PkM dilaksanakan dalam bentuk pembuatan video tematis yang berisikan tutorial, ulasan maupun wawancara serta membuat alat sederhana/bahan yang mendukung dalam menghadapi covid-19 maupun alat kerja menggunakan teknologi sederhana dan tepat guna bagi petani kelapa sawit".

Tema yang diangkat pada kegiatan PkM ini yaitu ketahanan pangan, positif campaign kelapa sawit, edukasi bagi petani kelapa sawit, edukasi bagi pelajar dan edukasi kesehatan. "Harapannya, video karya mahasiswa ini akan diunggah melalui youtube dan akun medsos sebagai bentuk sharing pengetahuan" sambungnya.

Kegiatan PkM mahasiswa STIP-AP tahun ajaran 2019/2020 akan dilaksanakan selama 2 bulan dimulai tanggal 8 Juni – 30 Juli 2020. Adapun jumlah mahasiswa yang nantinya mengikuti kegiatan PkM adalah sebanyak 348 orang yang terdiri dari 251 Orang dari program studi Budidaya Perkebunan dan 97 orang dari program studi TPHP. Kegiatan PkM ini akan dikelompokkan berdasarkan domisili mahasiswa masing-masing dimana satu kelompok nantinya terdiri dari 8 orang mahasiswa.

Selain dihadiri oleh Dosen yang bertugas sebagai tim kreatif, rapat koordinasi ini juga dihadiri Zulham Effendi, S.T. M.Sc. Eng selaku Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Purjianto, S.E., M.M serta Kepala Lembaga Penjamin Mutu Giyanto, S.T.P., M.T (*fdl)