Untitled Document

STIP-AP Melaksanakan Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015


Medan, STIP-AP, - Dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Mutu, Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) telah melaksanakan kegiatan Surveillance Audit ISO 9001:2015 pada beberapa unit dan departemen yang ada di STIP-AP.

Audit Eksternal ini dilaksanakan setelah dilakukannya Audit Internal dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Audit Internal diadakan tanggal 11–14 Mei 2020 lalu. Audit eksternal ISO 9001:2015 dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemik Covid-19.

Opening Meeting dibuka dengan sambutan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Bapak Giyanto, S.T.P.,M.T dan dihadiri Ketua STIP-AP Bapak Aries Sukariawan, S.P., M.P dan pejabat struktural STIP-AP serta Auditor ISO Bapak Yuni Kharisma yang secara bersamaan saat itu berada di Jakarta. Rangkaian kegiatan Audit External STIP-AP berlangsung selama 2 hari yakni pada tanggal 19 & 20 Mei 2020.

Audit Surveillance adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit tersebut yaitu untuk memastikan masing-masing unit melaksanakan seluruh proses kegiatan sesuai dengan QMP (sasaran mutu) yang telah ditetapkan. Adapun fokus audit eksternal ini adalah untuk memastikan kembali apakah ada perubahan terhadap sertifikasi maupun sistem manajemen yang ada di STIP-AP selama satu tahun belakangan ini. Lalu melakukan verifikasi terhadap sistem manajemen secara berkelanjutan di STIP-AP, melakukan review efektifitas untuk ketidak sesuaian yang muncul pada saat internal audit maupun diluar audit.

Secara umum dalam temuan audit eksternal ini, implementasi ISO 9001:2015 yang telah dilakukan STIP-AP sudah jauh meningkat dan tidak menemukan adanya potensial major. Dari audit ini bisa dibuktikan, bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan/pegawai organisasi dalam menjalankan standar ISO. Setelah pelaksanaan audit dilaksanakan dari semua ruang lingkup selanjutnya penyampaian hasil audit yang dilaksanakan pada saat closing meeting oleh auditor Bapak Yuni Kharisma dengan menyampaikan temuan-temuan yang perlu diperbaiki.(*fdl)