Untitled Document

STIP-AP IKUT MERIAHKAN JAMBORE PETANI SAWIT NASIONAL 2019 DI GEDUNG MICC MEDAN


Medan, (6/04/2019) Ribuan petani sawit berkumpul dalam kegiatan Jambore Petani Sawit Indonesia yang diadakan di Gedung MICC Jalan Gagak Hitam Ringroad, Medan, Sumatera Utara, Kamis 4 April 2019. Kegiatan ini merupakan gagasan yang berasal dari keinginan untuk menghimpun potensi dan menyatukan visi misi petani sawit agar lebih mandiri dan bermitra dengan stakeholder terkait.

Petani dan pelaku industri sawit yang hadir berjumlah 2.000 orang dari seluruh Indonesia. Jambore petani sawit Indonesia diinisiasi dua organisasi petani yaitu Sawitku Masa Depanku (SAMADE) dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO). Kegiatan ini bertemakan “Semarak Kemandirian Petani Sawit Berkelanjutan”.

Jambore petani mengadakan seminar dengan beberapa tema seperti “Peningkatan Kontribusi Petani Kelapa Sawit dalam Perekonomian Nasional Melalui Peremajaan Sawit Rakyat”, “Realitas kemitraan pekebunan sawit petani dengam perkebunan besar sawit, dan pelaksaan sertifikasi ISPO kebun sawit petani”.

Pembicara yang hadir dalam seminar antara lain Dirjen Perkebunan, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, PPKS, dan GAPKI. Pembicara kunci berasal dari Menko Perekonomian dan Menko Maritim.

Selain itu, dalam kegiatan Jambore Petani Nasional ini juga menyediakan kegiatan Pameran Stan-stan Perkebunan yang diikuti beberapa perusahaan perkebunan milik Negara maupun Swasta yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) yang merupakan Sekolah Pencetak Sarjana Profesional dan Berkarakter dibidang Kelapa Sawit dan Karet berkesempatan untuk mengisi salah satu stan yang telah disediakan oleh panitia sebagai Sarana Promosi dalam mengenalkan dan memberikan informasi kepada pengunjung terkait Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan.

Adapun harapan terbesar  dalam mengikuti Jambore Petani Sawit Nasional Tahun 2019 ini adalah untuk lebih mengenalkan kepada seluruh masyarakat, petani dan pelaku industri sawit yang hadir dari di seluruh Indonesia tentang keberadaan Kampus STIP-AP Medan.

“Selain itu ada juga kegiatan Field trip ke PPKS dan PTPN IV Kebun Adolina. Serta lomba inovasi dari petani sawit indonesia,” kegiatan ini diharapkan mendorong kebijakan-kebijakan baik berskala nasional maupun internasional yang memihak serta mendukung nasib petani sawit Indonesia. Jambore Petani Sawit Indonesia Tahun 2019 diharapkan para petani sawit dan pelaku di industri sawit Indonesia secara umum dapat saling bahu membahu dalam menghadapi segala tantangan dan tuntutan masa depan perkebunan sawit guna mencapai kesejahteraan para petani sawit yang berkelanjutan.(*frl,fdl)