Untitled Document

STIP-AP MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DASAR (PKD) KEPADA MAHASISWA TINGKAT I TAHUN 2019


Medan, (12/04/2019), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan melaksanakan Pendidikan Karakter Dasar (PKD) untuk Mahasiswa/i STIP-AP tingkat 1 (satu). Kegiatan PKD  ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 11 April s.d 13 April 2019 dan dikuti sekitar 380 mahasiswa dari program studi BDP dan TPHP. Kegiatan ini diadakan di Kampus STIP-AP, jalan Willem Iskandar Medan.

Menurut Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan  Bapak Purjianto, SE.,MM mengatakan bahwa karakter merupakan hal yang sangat penting yang harus ada pada setiap diri mahasiswa STIP-AP. Penanaman nilai-nilai karakter sejak tingkat pertama sangat diperlukan mengingat bahwa setiap tahapan pembelajaran memiliki tingkatan kerumitan yang berbeda, oleh karena itu mahasiswa perlu memiliki karakter yang kuat untuk dapat bertahan dan menjalaninya serta nantinya ada mata kuliah lanjutan yang lebih mendalam membahas tentang pengembangan karakter, ujarnya.

Beliau juga menyampaikan pembentukan karakter juga merupakan salah satu hal yang sangat penting di STIP-AP, mengingat dasar visi STIP-AP yang mencetak lulusan sarjana yang professional dan berkarakter bidang perkebunan kelapa sawit dan karet. Program karakter dasar ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk menanamkan nilai-nilai positif pada mahasiswa. Pengenalan serta penanaman karakter diharapkan dapat menginisiasi terlaksananya proses pembelajaran di STIP-AP kearah yang disiplin, motivasi tinggi serta memiliki kompetensi yang sesuai harapan, tambahnya.

Adapaun tujuan dan sasaran kegiatan PKD ini dilaksanakan menurut koordinator acara Hari Gunawan, SST., M.Si adalah meningkatkan motivasi belajar dan berprestasi di perkuliahan, memahami makna dan manfaat program karakter dasar, memahami secara mendalam dan dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat didalam buku soft competency yang dimiliki setiap mahasiswa, mampu membuat dan memahami langkah dalam pencapaian tujuan hidup jangka pendek dan panjang, meningkatkan keterampilan untuk berkomunikasi serta meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama dalam tim dalam mendukung dan mencapai tujuan bersama.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini menyajikan banyak pembelajaran dan permainan yang sangat menarik untuk diikuti oleh  mahasiswa STIP-AP tingkat pertama, salah satunya dengan mengundang provider Outbound terbaik Sumatera Utara yakni Bumi Outdors. Adapaun rangkaian acara PKD tersebut adalah dengan memainkan games outbound seperti Sarang Laba-laba, Rantai Nama, Flying Fox, Engrang Treepod, Berjalan diatas Tali dan banyak lagi permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama tim dalam mencapai tujuan bersama.(*frl,fdl)