Untitled Document

STIP-AP ADAKAN WORKSHOP SISTEM INFORMASI KEDOSENAN (SISTER DAN SIMPENGKEU)


Medan, 14/02/2019 - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP)   mengadakan Workshop Sistem Informasi Kedosenan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) dan SIMPENGKEU yang bertempat di Gedung Arso Lembaga Pendidikan Perkebunan, Jalan Willem Iskandar Medan Kamis (14/2/2019).

Hadir sebagai narasumber yaitu perwakilan dari LLDIKTI Wilayah I Sumut Dra. Leli Efriana, M.AP Kasubag Sumberdaya & Vina Winda Sari, SE bagian Pengolah Data Ketenagaan. Kegiatan workshop ini diikuti oleh sekitar 50 dosen tetap di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP).

Adapun tujuan workshop ini diharapkan agar dosen STIP-AP sebagai tenaga pendidik professional memiliki data yang valid terkait aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, kemudian dosen mampu melakukan manajemen arsip kedosenan secara hardcopy dan softcopy dan diharapkan dosen nantinya mampu menginventarisasi file dokumen aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui aplikasi SISTER serta dosen mampu memanfaatkan aplikasi SIMPEGKEU yang telah dirilis oleh LLDIKTI 1 untuk mengoptimalisasi SDM di wilayah LLDIKTI wilayah 1 Sumut.

SISTER Ristekdikti merupakan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi yang dikembangkan oleh Kementerian RISTEKDIKTI Republik Indonesia.

Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.

Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER. (*frl,fdl)