Untitled Document

Pekan Orientasi Studi Kampus dan Perkebunan (POSBUN) 2018


Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) Medan telah selesai melaksanakan Pekan Orientasi Studi Kampus dan Perkebunan (POSBUN) untuk Calon Mahasiswa/i Baru STIP-AP T.A 2018/2019. POSBUN ini berlangsung selama tujuh hari mulai dari tanggal 13 September 2018 s.d 19 September 2018. Perhelatan akbar ini merupakan momen tahunan yang diselenggarakan STIP-AP dalam memperkenalkan program kampus, sarana dan prasarana serta mengenalkan kebun.

Ketua STIP-AP, Ir. Wagino, M.P dalam kata sambutan Pembukaan di hari pertama acara POSBUN, dikatakan bahwa Mahasiswa harus memiliki karakter Kepemimpinan (Leadership), setiap Mahasiswa harus dapat memberi arahan dan pengaruh yang positif kepada lingkungan dan orang lain disekitarnya agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon-balon yang berisi harapan dan cita-cita STIP-AP untuk terbang tinggi menembus langit. Kemudian dilanjutkan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan oleh pihak TNI dan pengenalan Akademik oleh Wakil Ketua I, Giyanto S.T.P., M.P dan pengenalan sarana dan prasarana oleh Wakil Ketua II, Fachrizal S.E di ruang Aula LPP. Setelah selesai Mahasiswa diarahkan oleh pihak TNI untuk pembinaan fisik dan mental Mahasiswa.

Di hari kedua, Mahasiswa diberikan materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba oleh pihak Badan Narkotika Nasional dan materi Anti Korupsi oleh pihak Kepolisian kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pembinaan Fisik dan Mental + Pencarian Potensi (Minat Bakat) I.

Di hari ketiga dan keempat, Mahasiswa diberi pembekalan serta persiapan untuk berangkat ke Kampus II (Sei Karang) untuk persiapan Cross Kebun dan persiapan kegiatan malam (Solo Camp). Dilanjutkan dengan pemberian materi pembinaan Minat Bakat II dan III. Disela-sela kegiatan Mahasiswa yang padat pihak panitia dan TNI selalu memberikan ice breaking atau sejenis permainan ringan sehingga Mahasiswa tetap semangat dalam mengikuti rangkaian proses acara POSBUN.

Di hari kelima dan keenam, Mahasiswa mulai diperkenalkan dengan sarana dan prasarana, Organisasi Mahasiswa, Unit UKM, serta Bakti Kebun & Lingkungan Kampus oleh Wakil Ketua III, Purjianto S.E, M.M. Selanjutnya oleh pihak panitia dan TNI, Mahasiswa diberi materi pembinaan IV dan V.

Di hari ketujuh yang merupakan akhir dari rangkaian acara POSBUN, Mahasiswa melakukan beberapa aksi dan performa buah dari hasil latihan dan pemberian materi oleh panitia dan TNI, disertai dengan rangkaian hiburan dan tarian-tarian daerah dan diakhiri dengan pelepasan pita oleh orang tua Mahasiswa sebagai penanda bahwa mereka telah selesai mengikuti POSBUN dan siap mengikuti perkuliahan di STIP-AP. (*DNR)