Untitled Document

Perpustakaan STIP-AP Raih Juara I Lomba Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Se-sumatera Utara Tahun 2018


Medan (STIP-AP), Perpustakaan  Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) memperoleh juara I Perpustakaan Terbaik Perguruan Tinggi Swasta tingkat Su matera Utara untuk kategori Sekolah Tinggi berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Perlombaan yang diadakan di Hotel Madani, Rabu, 11 April 2018 ini dikuti oleh nominasi 5 besar Perpustakaan Sekolah Tinggi terbaik yang ada di Sumatera Utara  yakni diantaranya: STIP-AP, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Institut Kesehatan Helvetia Medan, Akademi Kebidanan Darmo Medan dan Sekolah Tinggi Kesehatan Aufa Royhan Padang Sidempuan.

Kompetisi Perpustakaan ini dinilai dari berbagai macam kriteria, yaitu Profil Perpustakaan, Sistem Database Buku, Sistem Sirkulasi dan Manajemen Buku, Jumlah Koleksi Buku, dan lain-lain. 

Adapun pesertanya adalah seluruh perpustakaan perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara, dimana dilakukan sistem seleksi yang ketat. Seleksi pertama yakni seleksi berkas integritas, dalam seleksi ini diambil 10 (sepuluh) PTS yang dianggap memenuhi kualifikasi, selanjutnya tahap kedua yakni visiting, dimana tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara langsung datang mengunjungi perpustakaan. Ditahap kedua ini jumlah peserta diseleksi lagi menjadi 5 (lima) perpustakaan terbaik. Untuk tahap terakhir kelima peserta yang telah lulus seleksi ditahap kedua diundang Presentasi di Hotel Madani yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja / Amaliun No. 1, Medan.

Dalam kesempatanya Kepala Perpustakaan STIP-AP, Sunyianto, S.Sos. M.Ikom menjelaskan presentasinya dihadapan ketiga juri dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Berkat dukungan penuh Ketua dan Manajemen STIP-AP di tahap terakhir ini Perpustakaan STIP-AP meraih juara I Perpustakaan Terbaik Kategori Sekolah Tinggi Provinsi Se-Sumatera Utara.

Menurut Kepala Perpustakaan STIP-AP, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dimana Perpustakaan STIP-AP sangat berkontribusi untuk meningkatkan Mutu Sekolah Tinggi dan Perpustakaan itu sendiri. Semoga prestasi yang diraih ini dapat meningkat dan tim perpustakaan tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh pengunjung & pengguna perpustakaan STIP-AP. (*fdl)