Calon Manager Perkebunan Masa Depan


Untitled Document

Sejak berdirinya tahun 2005, STIPAP telah mempersiapkan Calon Manajer Perkebunan Masa Depan yang berkualitas untuk menunjang perkembangan industri perkebunan di Indonesia.

Upaya mencetak sarjana profesional untuk menjadi manajer di perusahaan perkebunan secara garis besar melalui skenario yang terencana sebagai berikut:

1.    Memilih orang-orang yang tepat, yaitu orang-orang yang sejak dari awal memiliki niat
       untuk berkiprah dan terjun di dunia perkebunan.
2.    Melaksanakan pendidikan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan
       industri perkebunan.
3.    Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi kepada pengelolaan,
       sehingga pengembangan Leadership dan manajerial skill sudah ditanamkan sejak awal.
4.    Menekankan kesadaran akan keseimbangan membangun bisnis, pengembangan sosial
       masyarakat dan lingkungan hidup.
 
Dengan berbekal langkah-langkah skenario yang sangat jelas, terciptalah visi menjadikan Sekolah Tinggi Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) sebagai The World Class Plantation University.
 
The world class university adalah standar yang seharusnya menjadi pegangan seluruh civitas akademika perguruan tinggi guna meningkatkan mutu prosesnya agar mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat. 
 
STIPAP berkomitmen untuk bekerja lebih keras dengan menjadikan The World Class Plantation University, melalui pertimbangan :
  1. Konsep Plantation university telah menjadi kekuatan STIPAP dan kekhasan keilmuan pada usaha perkebunan kelapa sawit dan karet.
  2. Sarana dan prasarana kelengkapan menjadikan universitas (perguruan tinggi) unggulan telah terpenuhi, yaitu bukan saja bidang keilmuan teori, melainkan praktek usaha terapan di lapangan sudah mampu difasilitasi.
  3. Partner dengan industri perkebunan (Industrial Lingkage) sudah terbentuk sejak lama  melalui kerjasama proses pendidikan dan pengajaran serta penelitian.
  4. Kompetensi dosen bidang perkebunan merupakan keunggulan utama bagi STIPAP-LPP Medan guna transformasi ilmu kepada generasi muda.
Sehingga STIPAP berperan sebagai :
  1. Institusi pencetak Sarjana Sain Terapan di bidang perkebunan yang siap berkiprah diindustri perkebunan.
  2. Intitusi pendidikan tinggi yang siap membantu pengembangan agribisnis perkebunan    Nasional.
  3. Institusi transformasi pendidikan bangsa yang menghasilkan Sarjana Profesional danberkarakter.