Untitled Document

Testimoni

Rizcha Selvizha
Alumni STIPAP 2010

STIPAP !!!
Kampus yang mencetak seorang planters/pekebun atau orang yang harus siap dengan kehidupan di perkebunan.

Tentang STIPAP,
Dulunya saya tidak tahu apa itu STIPAP kampus apa ? dimana ? setelah ada sepupu saya yang lulus disini baru saya tau kalau STIPAP merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan,dan telah memiliki lulusan lulusan yang sudah banyak diterima sebagai Asisten kebun dan Pabrik di berbagai perusahaan perkebunan baik perkebunan milik negara maupun perkebunan swasta.

Selama menjadi mahasiswa,banyak pengalaman yang saya dapat pada saat belajar,yang dulunya sama sekali tidak mengetahui dunia perkebunan. Di STIPAP diajarkan semua mulai dari pengenalan apa itu perkebunan,pengelolaan kebun,pengelolaan sumber daya manusia kebun, pengelolaan anggaran,lingkungan dan system manajemen mutu.

Dan yang saya paling sukai kalau belajar langsung dibarengi dengan praktek dilapangan, seperti kunjungan langsung ke kebun-kebun,praktek mengenai setiap mata kuliah,mengenai kalapa sawit dan karet mulai dari pembukaan lahan,pembibitan,penanaman,pemeliharaan,panen dan selanjutnya untuk diolah ke pabrik,dan ada kegiatan seperti praktek kerja lapangan I dan II , sebagai pemicu agar lebih mengenal tentang keseharian kebun.Untuk di semester akhir diakhiri dengan kegiatan dengan kegiatan pengabdian masyarakat dalam arti mahasiswa menjadi penyuluh untuk para petani yang ada di daerah daerah membagi ilmu bagaimana caranya menjadi petani kelapa sawit dan karet agar memiliki tanaman yang memiliki produktivitas yang baik dan tanaman yang sehat,serta dapat membantu kepada petani dalam mengembangkan usaha-usaha para petani yang didapat didaerah.

Yang terakhir siapapun kalian yang memang menginginkan ke kebun atau siap bekerja di bagian perkebunan ke STIPAP aja !!!