Untitled Document

STIP-AP dan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Tandatangani MoU Kerjasama Perpustakaan


Medan – Bertempat di Ruang Perpustakaan Lt.1 Perpustakaan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Jalan Kapten Batu Sihombing Medan Estate, Percut Sei Tuan, Jumat 27 Oktober  2017, telah ditandatangani Memorandum of understanding (MoU) kerjasama antara Perpustakaan  Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dengan Perpustakaan STIP-AP dan Perpustakaan Universitas Panca Budi.

Dalam Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh 3 perpustakaan tersebut dihadiri oleh petinggi perguruan tinggi masing-masing diantaranya Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dihadiri oleh Direktur Bapak Aldon M. H. P. Sinaga, S.P., M.MA dan didampingi oleh Kepala Perpustakaan Bapak Sijabat, STIP-AP dihadiri oleh Ketua STIP-AP Bapak Wagino, S.P., M.P didampingi oleh Wakil Ketua II Bapak Fachrizal, S.E, Kepala Perpustakaan Bapak, Sunyanto, S.Sos., M.Si, Bagian Kemahasiswaan, Bapak Selamat Riadi, S.E., M.Ikom dan Fadhil Fraya Staff Perpustakaan, Universitas Panca Budi dihadiri oleh Wakil Rektor III Bapak Samrin, S.E., M.M, Kepala Perpustakaan Bapak Ir. Sulardi, M.M dan beberapa Staff Perpustakaan serta dihadiri juga oleh Dosen dan Mahasiwa dari ketiga perguruan tinggi tersebut.

Ketua STIP-AP, Wagino, S.P., M.P menjelaskan bahwa kerja sama antara Perpustakaan STIP-AP dan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia serta Perpustakaan Universitas Panca Budi yang sebelumnya sudah terlebih dahulu melakukan Kerjasama dengan STIP-AP  bertujuan untuk  meningkatkan hubungan kelembagaan antara ketiga Perguruan Tinggi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan formal dan nonformal, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan bidang perpustakaan, serta hal-hal lain yang disepakati bersama. Adapun lingkup kesepakatan yaitu kedua belah pihak akan saling membantu dalam melaksanakan berbagai program kerja sama dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada di lingkungan kedua belah pihak khususnya di bidang Perpustakaan.

Menurut Aldon M. H. P. Sinaga, S.P., M.MA selaku Direktur Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia bahwa kerjasama ini diharapkan saling menguntungkan kedua belah pihak, serta ke depannya perlu ditindaklanjuti dalam bentuk MoA (Memorandum of Action) yang nyata di lapangan. Naskah kerjasama ini berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang, diubah, dan diakhiri atas persetujuan kedua belah pihak.ujarnya

Beliau juga menambahkan bahwa untuk program-program kerja sama yang akan dilakukan antara lain dalam bentuk Peningkatan sumber daya manusia dalam rangka pendidikan formal dan nonformal, peningkatan minat baca, Pelaksanaan diklat, seminar, penelitian dan publikasi jurnal ilmiah, Pelaksanaan pengabdian masyarakat, Pengembangan bidang softskills dan hardskills mahasiswa serta bisnis berbasis perpustakaan (library entrepreneurship) serta Pelaksanaan berbagi informasi koleksi bahan pustaka cetak dan non cetak (e-Journal dan e-Book), serta promosi perpustakaan. Selain hal-hal tersebut di atas juga melalui kerjasama ini perlu untuk mengembangkan teknologi informasi dan komuniskasi, khususnya pengembangan repository.ujarnya (*fdl)