Untitled Document

Pusat Karir Perkebunan STIP-AP Adakan Bimbingan Karir Untuk Calon Alumni Tahun 2017


Dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan tuntutan dunia kerja, Pusat Karir Perkebunan STIP-AP mengadakan Bimbingan Karir pada Selasa 26/09) di Ruang Serbaguna LPP Kampus Medan, Jalan Willem Iskandar.

Zulh am Effendy, S.T. M.Sc. Eng selaku Ketua Pusat Karir Perkebunan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) mengatakan Bimbingan Karir 2017 ini akan diadakan selama 2 hari yakni tanggal 26 September 2017 dan tanggal 03 Oktober 2017. Menurut Ketua Pusat Karir Perkebunan Adapun tujuan dilaksnakannya bimbingan karir bagi calon alumni STIP-AP Tahun 2017 antara lain untuk melatih mahasiswa agar memiliki ketrampilan komunikasi dalam melakukan wawancara didunia kerja, mengembangkan wacana ketrampilan softskill dalam dunia kerja , serta membekali mahasiswa agar memiliki ketrampilan dalam membuat surat lamaran dan curriculum vitae yang baik.Ujarnya.

Peserta yang mengikuti bimbangan karir sebanyak 260 orang mahasiswa yang terdiri dari jurusan Budidaya Perkebunan (BDP) & Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP). Adapun rangkaian kegiatan Bimbingan Karir yang diadakan Pusat Karir Perkebunan STIP-AP selama 2 hari diantaranya pada hari pertama (26/09/2017) mengadakan Workshop dengan tema “3 Keys to Speak English Easly”. workshop ini menghadirkan Motivator Yoffi Andinata, S.Pd., M.Si. kemudian selain mengadakan workshop, Pusat Karir Perkebunan juga mengadakan pelatihan tentang “Persiapan Memasuki Dunia Kerja” yang menghadirkan pemateri Geri Wahyudi Karim, S.Psi., M.M. selaku Kabag SDM PT. Palmenviro Indo Agri.

Pada hari kedua (03/10/2017) kegiatan Bimbingan Karir berlanjut dengan mengundang Pemateri Florian Luigi Dwitjahjo selaku Human Capital Head PT. Triputra Agro Persada, beliau menyampaikan materi tentang “Coorporate Value”. Selanjutnya Pusat Karir Perkebunan juga menghadirkan Amelia Nasution, S.Psi, M.Si selaku Kabag SDM PT Perkebunan Nusantara III yang  menyampaikan materi tentang “Etika Profesi Planters”. Kemudian diakhir  kegiatan, Pusat Karir juga melakukan Sharing Alumni yang menghadirkan Alumni STIP-AP yaitu Refdyan Siregar, S.S.T selaku Asisten Tanaman di PT Perkebunan Nusantara II. 

Sementara itu, Ketua STIP-AP,  Ir. Wagino, M.P,  mengharapkan melalui Program Bimbingan Karir “Persiapan Memasuki Dunia Kerja” ini diharapkan para lulusan dari STIP-AP mampu memenagkan persaingan dalam memasuki dunia kerja khususnya bidang Perkebunan.

Beliau juga menambahkan  agar cepat memperoleh pekerjaan mahasiswa harus dibekali dengan pelatihan-pelatihan softskill seperti yang dilaksanakan hari ini. Selain itu STIP-AP juga telah menyediakan layanan Pusat Karir Perkebunan yang dapat digunakan oleh alumni STIP-AP sebagai media informasi lowongan kerja terbaru. Dimana STIP-AP sendiri telah bekerjasama dengan berbagai Perusahaan-Perusahaan Perkebunan Negara maupun Swasta di Indonesia yang membutuhkan lulusan terbaik dari STIP-AP.ujarnya. (*fdl)